psikotes ???

“besok aku mw psikotes ni, kasi tau dongs trik-triknya atau gimana kek’ caranya biar aku lulus getu…” , “psikotes gimana sih?”, “ kalo mw psikotes harus belajar apa? Soalnya apa aja?”…

Pertanyaan-pertanyaan diatas sering banget nyampe ke telingaku. Sampe aku gak habis pikir, brarti psikotes emang masih terus jadi momok kali ya? Apalagi buat yang rekrutmen, daptar sekolah, atau penjurusan..

Padahal psikotes gak se-seram yg mereka bayangkan koq,, en sebenarnya gak semua psikotes jadi standar kamu pinter atau enggak. Tergantung tujuannya sih.

Beberapa psikotes emang punya tujuan untuk nyari tau kapasitas intelektual atau tingkat kecerdasan kamu, mengetahui tipe kepribadian kamu, trus psikotes lainya lebih ditujukan untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan tugas yg bakal kamu kerjain atau enggak. ‘ntuk yg terakhir ni biasanya buat kamu2 si jobseeker.

Hari gini emang banyak bimbingan2 psikotes yg ngajarin trik-trik atau cara untuk manipulasi psikotes biar hasilnya dikategorikan baik.. hmm… emang yakin ‘ntar hasilnya bakal baik?

Sebenarnya gak sulit koq buat ngerjain psikotes, en gak usah sampe pake cara-cara yg manipulative… ntar kamu sendiri loh yg rugi, karna kalo kamu ngerjain psikotes dengan cara yg benar, maka kamu akan tau tingkat kemampuan kamu, en bakal bantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat buat hidup kamu (ciee.. berlebihan ya..?- akh, gak jugha koq J– )

Ni beberapa tips yg MUNGKIn bisa bantu kamu untuk ngerjain psikotes :

1. Latihan

Kan udah banyak tuh buku2 psikotes yg dijual dipasaran, nah… kamu bisa latihan dari soal-soalnya, en dari situ kamu bakal udah tau gimana model soalnya, jadi udah gak kaget lagi kan..

2. Isi otak

Perluas wawasan kamu dengan banyak baca, diskusi, atau apalah yg bisa bikin otak kamu gak kosong alias agak-agak pinter getu..

3. Daya tahan tubuh

Nah sebelum hari H-nya, kamu harus jaga fisik n psikis kamu, jangan sampe pas saatnya kamu jatuh sakit atau kelaparan…. Waah keliatanya sih sepele tapi latihan kamu yg kemaren2 bakal sia-sia karna akhirnya kamu gak konsentrasi

4. Isi hati

Yang ini sih… tinggal kekuatan do’a… artinya tergantung Nasib maah…

Yup, moga ini bisa jadi salah satu masukan buat kamu-kamu yg belum kenal ma psikotes. Gud Lak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s